05 Mei, 2009

Pengantar Perpustakaan

Apakah perpustakaan itu? Perpustakaan berasal dari kata "pustaka" Menurut kamus umum Bahasa Indonesia karangan Wj Purwadarminta, kata pustaka artinya buku sedangkan perpustakaan artinya kumpulan buku . (Bacaan dsb) Perpustakaan dalam Bahasa Inggris disebut "library" berasal dari bahasa romawi yaitu "librarium" yang terdiri dari kata liber dan armarium, liber artinya buku sedangkan armarium artinya lemari. Di yunani disebut bibliotheke, asal kata dari biblion dan theke . Biblion artinya buku, sedangkan theke artinya lemari. Jadi dilihat dari asal katanya berarti lemari dimana didalamnya terdapat buku-buku. Namun apakah pengertian perpustakaan hanya seperti demikian ini? Definisi perpustakaan secara sederhana dapat disebut sebagai berikut: Perpustakaan adalah suatu wadah atau tempat dimana didalamnya terdapat bahan pustaka yang di susun menurut sistem tertentu untuk masyarakat pembacanya guna meningkatkan mutu kehidupannya. Kalau kita Perhatikan difinisi perpustakaan tersebut, terdiri lima unsur yaitu: 1. Wadah atau tempat 2. Bahan Pustaka 3. Disusun menurut sistem tertentu 4. Masyarakat Pembaca 5. Guna meningkatkan mutu kehidupannya.
Dewasa ini arti perpustakaan semakin luas, ia merupakan sarana informasi yang sangat luas dan vital dimana kegiatannya mengelola informasi tersebut atau disebut juga management informasi. Koleksi atau bahan pustakanya tidak terbatas pada buku atau majalah saja tetapi sudah mulai meningkat kepada alat-alat elektronik seperti AV, FLAS DISK, CD, VCD, TV, KOMPUTER, INTERNET dan sebagainya.
Orang tidak mutlak harus berkunjung keperpustakaan, tetapi dapat juga melalui internet dirumahnya atau dikantor "berkunjung" keperpustakaan-perpustakaan diseluruh dunia yang ada situs internetnya. Untuk mencari informasi yang dibutuhkannya dalam waktu yang sangat singkat. Seperti di perpustakaan STBA JIA Bekasi pengunjung bisa mengakses internet yaitu: http://jialib.stba-jia.ac.id/

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda


Free Blog Content