11 Mei, 2009

Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984.
A. Pendirian UT
UT didirikan dengan tujuan:
1. Memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia dan
warga negara asing, di manapun tempat tinggalnya, untuk memperoleh pendidikan tinggi.
2. Memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka
3. Mengembangkan program pendidikan akademik dan profesionl sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.
B. Sistem Pembelajaran
UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non cetak (audio/vidio, komputer/Internet, siaran radio dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).
C. Cara Belajar
Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat dipelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanpaatkan perpustakaan, mengikuti totorial baik secara tatap muka maupun melalui Internet, radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti baha ajar berbantuan komputer dan program audio/vidio. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi atau bantuan tutorial kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.
UT telah memperoleh Sertifikat kualitas Akreditasi Internasional dari Internasional Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA) sejak tanggal 12 Agustus 2005 Oslo-Norwegia.
Pada tanggal 14 maret 2006, UT juga memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 untuk bidang layanan bahan ajar dari Badan Sertifikasi SAI Global.
Pada tahun 2008, Universitas Terbuka (UT) dengan 37 Unit Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ) di seluruh Indonesia mahasiswa yang diurus sebanyak 450.000 orang sehingga disebut juga sebagai mega universitas.
Presiden Susilo Bambang Yudoyono menilai, perlunya meningkatkan mutu pendidikan tingkat perguruan tinggi. Pemerintah memberikan prioritas mendorong pendidikan tinggi agar mampu bersaing dan masuk dalam peringkat pendidikan tinggi berkelas Internasional atau World Class University.
Kita berkeinginan agar sampai tahun 2009 paling tidak 10 perguruan tinggi akan mampu masuk dalam daftar World Class University.
Pada tahun 2006 tercatat lima perguruan tinggi (PT) di Indonesia masuk dalam jajaran Universitas berkelas dunia, yaitu UI, ITB, UGM, UNDIP, dan Universitas Terbuka (UT). http://www.ut.ac.id/

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda


Free Blog Content