29 Mei, 2009

Jenis-Jenis Perpustakaan

Mengenal Jenis-Jenis Perpustakaan
1. Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan ini diselenggarakan di sekolah-sekolah, bertugas mengumpulkan, menyimpan, memelihara, mengatur dan mendayagunakan bahan pustaka untuk kepentingan pengarah dari pendidikan di sekolah tersebut. Masyarakat pembacanya adalah siswa, tenaga pengajar dan staf sekolah lainnya. Perpustakaan ini juga dapat dimanfaatkan di luar sekolah. Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar dan mengajar, pusat penelitian sederhana, pusat membaca guna menambah ilmu pengetahuan dan rekreasi. Diselenggarakan diberbagai jenis dan jenjang sekolah misalnya perpustakaan TK, SD, SLTP dan SLTA.
Tujuan perpustakaan sekolah untuk memenuhi kegiatan kurikuler dan extra kurikuler, merangsangkan keinginan dan membangkitkan minat serta kebiasaan membaca guna memperkaya ilmu pengetahuan dan membantu pengembangan bakat masing-masing peserta didik. Perpustakaan sekolah jika dikelola dengan baik akan mampu menjadi sarana pendidikan yang penting. Ia dapat menunjang kegiatan bidang studi, menunjang kegiatan belajar mengajar, sehingga pelaksanaan kegiatan kurikulum dapat lebih sempurna, sekaligus dapat meningkatkan mutu pendidikan.
2. Perpustakaan Perguruan Tinggi
Perpustakaan ini diselenggarakan di dan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan, bertugas mengumpulkan, memelihara, mengatur dan mendayagunakan bahan pustaka untuk menunjang kelancaran tugas instansi atau lembaga tersebut. Perpustakaan ini berfungsi juga sebagai pusat referensi dan penelitian. Masyarakat pembacanya ialah para Pimpinan, Dosen, Mahasiswa, petugas atau karyawan, Instansi lembaga yang bersangkuatan.
3. Perpustakaan Khusus atau Perpustakaan Dinas
Perpustakaan ini milik instansi atau lembaga tertentu. Bertugas mengumpulkan, memelihara, mengatur dan mendayagunakan. Bahan pustaka untuk menunjang kelancaran tugas instansi atau lembaga tersebut. Perpustakaan ini berfungsi juga sebagai pusat referensi dan penelitian. Masyarakat pembacanya ialah para pimpinan, para petugas/karyawan, Instansi atau lembaga yang bersangkutan.
4. Perpustakaan Umum
Perpustakaan ini bertugas mengumpulkan, memelihara, menyimpan, mengatur dan mendayagunakan bahan pustaka untuk kepentingan pelestarian kebudayaan, pendidikan, (pusat kegiatan belajar), penerangan, penelitian, rekreasi masyarakat sekelilingnya di Indonesia. Perpustakan tersebut terdiri dari:
A. Perpustakaan Nasional, yaitu perpustakaan yang menyimpan dan melestarikan semua penerbitan Nasional serta bahan pustakanya lainnya, agar dapat digunakan oleh segenap warga bangsa dan yang sangat bermanfaat bagi pengenalan dan pengembangan kebudayaan Nasional. Perpustakaan ini berkedudukan di ibukota Negara, di selenggarakan oleh pemerintah (dahulu Dekdikbud, sekarang berdiri sendiri, kedudukannya langsung di bawah Presiden RI, sehari-hari di bawah sekretariat Negara) dan berfungsi sebagai:
1). Perpustakaan deposit Nasional dan terbitan asing dalam bidang ilmu pengetahuan yang menjadi koleksi Nasional
2). Pusat bibliografi Nasional
3). Pusat informasi, referensi dan penelitian
4). Pusat kerjasama antar perpustakaan di dalam negeri dan dengan perpustakaan luar negeri.
B. Perpustakaan Daerah
Perpustakaan ini diselenggarakan oleh pemerintah. Dahulu bernama perpustakaan wilayah Dekdikbud, sekarang berada di bawah perpustakaan Nasional. Berkedudukan di setiap ibukota propinsi perpustakasan ini bertugas menjadi pusat pelayanan perpustakaan, penyimpanan dan pelestarian penerbitan propinsi yang bersangkutan, serta melakukan pembinaan teknis perpustakaan-perpustakaan di propinsi untuk kepentingan warga masyarakat propinsi tersebut. Dewasa ini setiap propinsi sudah ada perpustakaan Daerah. Selanjutnya, perpustakaan Daerah ini berfungsi pula sebagai:
1) Pusat kerjasama antar perpustakaan di daerah propinsi
2) Pusat penyimpanan koleksi bahan pustaka yang menyangkut propinsi yang bersangkutan, semua terbitan di daerah yang bersangkutan dan bahan pustaka lainnya.
3) Pusat penyelenggaraan pelayanan referensi, informasi dan penelitian dalam daerah propinsi tersebut.
C. Perpustakaan Umum Daerah Tingkat II
Berkedudukan di ibukota kabupaten/kodya.
Perpustakaan ini memberikan pelayanan untuk umum di lingkungan kabupaten/kodya yang bersangkutan. Setatusnya di bawah pemda.
D. Perpustakaan Keliling
Merupakan upaya peningkatan perluasan pelayanan perpustakaan umum daerah tingkat II berfungsi sebagai perpustakaan umum yang melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan perpustakaan umum. Dalam pelayanan itu, perpustakaan keliling ini mengunjungi pusat pemukiman masyarakat. Angkutan yang digunakan adalah, kendaraan roda empat, perahu, motor dan sebagainya.
E. Perpustakaan umum kecamatan
Perpustakaan ini memberikan pelayanan kepada warga masyarakat di lingkungan kecamatan. Statusnya di bawah pemda.
F. Perpustakaan Desa
Perpustakaan ini memberikan playanan kepada warga masyarakat di lingkungan desa yang biasanya berada di kelurahan. Statusnya pemda bersama lembaga masyarakat (LKMD)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda


Free Blog Content